Rabu, 20 November 2013

BAB V BUKU PANDUAN GEMMAR MENGAJI MEDAN



BAB V
PENUTUP
A. KESIMPULAN
            Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji adalah sebuah program untuk membiasakan masyarakat membaca Al Qur`an atau mengaji setelah selesai shalat Maghrib daripada masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di depan televisi di waktu Maghrib sehingga terlupa akan waktu Maghrib yang sangat singkat. Diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji ini di wilayahnya masing-masing sehingga Gerakan yang telah dicanangkankan ini dapat dilaksanakan oleh masyarakat untuk seterusnya. 
B. SARAN
Berdasarkan hasil Temuan dilapangan dan Uraian di atas, dapat diberi saran  sebagai berikut :
1.    Untuk Meningkatkan dan memajukan Program GEMMAR Mengaji perlu memahami maksud dan tujuan Program GEMMAR Mengaji tersebut secara Mendalam agar esensi Ruhiyah yang terkandung di dalamnya dapat tercapai.
2.    Untuk memantapkan Program GEMMAR Mengaji perlu membuat menajemen pengelolaan Program GEMMAR Mengaji meliputi pembentukan Panitia, penunjukan Guru Program GEMMAR Mengaji, Membuat Kurikulum Program GEMMAR Mengaji yang di SK kan oleh Lembaga terkait.
3.    Untuk menjadikan Program GEMMAR Mengaji sebagai program handal perlu dukungan dari semua pihak baik lembaga Pemerintah, Swasta, masyarakat, Lembaga Pendidikan maupun seluruh Komponen Masyarakat Islam yang Cinta Quran.
4.    Untuk lebih memasyarakatkan Program GEMMAR mengaji Perlu lebih ditingkatkan upaya sosialisasi yang intensif baik melalui media interpersonal (kyai/ulama), media eloktronik maupun media cetak. Upaya ini di harapkan akan memberikan gambaran yang jelas Urgensi Program GEMMAR Mengaji di tengah-tengah masyarakat.Upaya sosialisasi yang intensif terutama berkaitan dengan keunggulan Program GEMMAR Mengaji.
5.    Untuk lebih merangsang minat dan Prestasi murid Program GEMMAR Mengaji Perlu membuat kompetisi antara Program GEMMAR Mengaji, sejenis MTQ, Festival maupun kompestisi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan minat mengaji Maghrib.
6.    Untuk Berjalannya Program GEMMAR mengaji perlu dukungan dana dan Pengawasan pemerintah secara intensif yang dilakukan secara langsung, bila perlu dilakukan pengawasan langsung kemasyarakat.
7.    Untuk lebih menjadikan Program GEMMAR mengaji sebagai Ikon Pemerintah baik pemerintah maupun daerah Perlu melakukan penjajakan kepada media-media yangaada baik nasional maupun local untuk membuat program yang sama di media-media, seperti Televisi, Radio maupun Media-media lainnya yang banyak memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar